cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
jurnalfikom@yahoo.co.id
Editorial Address
Jalan Raya Kaligawe Km.4 Semarang 50112
Location
Kota semarang,
Jawa tengah
INDONESIA
Jurnal Ilmiah Komunikasi Makna
ISSN : 20872461     EISSN : 23374616     DOI : 10.30659/jikm
Core Subject : Education,
Jurnal Ilmiah Komunikasi Makna (E-ISSN: 2337-4616, P-ISSN 2087-2461) is a Scientific Journal published by the Department of Communication Science, Faculty of Language and Communication Science, Universitas Islam Sultan Agung (UNISSULA) Semarang. Jurnal Ilmiah Komunikasi Makna is intended to the national and international scholarly community. The aim of this journal is to publish high-quality articles dedicated to all aspects of the latest outstanding developments in the field of communication. Articles published are the results of research, bringing the new sights (scope) on Cultural Studies, Public Relations, and Media.
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol 10, No 1 (2022): Februari 2022" : 5 Documents clear
Strategi Komunikasi di Masa Pandemi COVID-19 dengan menggunakan Komunikasi Non-verbal Fanuella Justine Inchaosy Loupatty
Jurnal Ilmiah Komunikasi Makna Vol 10, No 1 (2022): Februari 2022
Publisher : Program Studi Ilmu Komunikasi FBIK Unissula

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30659/jikm.v10i1.19642

Abstract

Pandemic covid-19 telah memberikan dampak yang buruk bagi seluruh aspek aktivitas di Indonesia, bahkan di seluruh dunia. Dampak tersebut sangat dirasakan terkhususnya bagi aktivitas parawisata. Sebagian besar dampak tersebut terjadi pada bisnis perhotelan. Proses komunikasi yang dilangsungkan juga, merupakan komunikasi non-verbal, dikarenakan adanya perintah dari pemerintah untuk harus melakukan physical distancing dan social distancing maka strategi komunikasi yang tadinya dilakukan dengan tatap muka bisa diubah dengan startegi komunikasi melalui online, yang dimana bisa memanfaatkan media sosial sebagai media komunikasi. Dengan begitu komunikasi yang dilakukan secara tidak langsung sudah menunjukkan komunikasi non-verbal. Hal ini juga terjadi pada Swiss-belhotel Ambon, dimana harus melakukan strategi komunikasi yang sesuai dengan dampak yang terjadi dari pandemic covid-19. Penelitian ini akan menjelaskan bagaimana Swiss-belhotel Ambon membuat strategi komunikasi di masa pandemi covid-19. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian eksplorasi dan menggunakan sumber data primer dan sekunder. Hasil dan kesimpulan dari penelitian ini yaitu, Komunikasi Swiss-belhotel Ambon selama pandemi covid-19.
Optimalisasi Instagram @Siapdarling Sebagai Media Komunikasi Sosial Pembangunan Untuk Mengkampanyekan Generasi Muda Sadar Lingkungan Fitria Safiratun Nabilah; Jessica Wiguna; Novreza Malafitri; Saifuddin Zuhri
Jurnal Ilmiah Komunikasi Makna Vol 10, No 1 (2022): Februari 2022
Publisher : Program Studi Ilmu Komunikasi FBIK Unissula

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30659/jikm.v10i1.18511

Abstract

Di era globalisasi ini Kepedulian terhadap isu lingkungan saat ini masih sering diabaikan oleh generasi muda. Bahkan  survei yang dilakukan oleh Change.org hasilnya menunjukkan bahwa generasi muda masih sedikit yang peduli terhadap isu lingkungan yakni hanya sebesar 10 %. Oleh sebab itu diperlukan adanya aksi nyata untuk menyadarkan generasi millenials agar peduli terhadap lingkungan. Siap Darling merupakan sebuah gerakan peduli lingkungan yang diprakarsai oleh Bakti Lingkungan Djarum Foundation melalui sosial media. Gerakan ini mengajak generasi muda untuk peduli terhadap lingkungan dengan cara menyebarkan konten-konten positif di social media mengenai isu lingkungan dan tentang kegiatan mencintai lingkungan dan bumi. Berkaitan dengan hal tersebut penelitian ingin menganalisis bagaimana pemanfaatan isntagram yang dilakukan oleh @siapdarling dalam upaya mengkampanyekan generasi muda sadar lingkungan. Penelitian ini berfokus pada optimalisasi pemanfaatan instagram sebagai media  Komunikasi Sosial Pembangunan Untuk Mengkampanyekan Generasi Muda Sadar Lingkungan #Siapdarling. Adapun metode penelitian kualitatif dengan pendekatan analisis isi. Pendekatan analisis isi  digunakan untuk menganalisis konten pesan secara mendalam pada akun instagram @siapdarling mengenai edukasi kepedulian terhadap lingkungan. Adapun sumber data dalam penelitian ini adalah postingan instagram yang telah diunggah dalam media sosial @siapdarling mengenai topik - topik edukasi lingkungan. Hasil penelitian menunjukan bahwa Instagram sebagai media sosial mampu menjadi media komunikasi pembangunan untuk mengoptimalisasikan gerakan kampanye generasi muda sadar lingkungan.
PEMANFAATAN NEW MEDIA UNTUK EFEKTIVITAS KOMUNIKASI DI ERA PANDEMI fikri shofin mubarok
Jurnal Ilmiah Komunikasi Makna Vol 10, No 1 (2022): Februari 2022
Publisher : Program Studi Ilmu Komunikasi FBIK Unissula

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30659/jikm.v10i1.20302

Abstract

The Covid-19 pandemic that hit the world at the end of 2019 brought a torrent of changes in human life. The starting point for change occurs mainly in the aspect of human communication. The Covid-19 virus is transmitted through droplets in human activities. Where as an effort to contain the pandemic, face-to-face meetings are avoided. So direct communication that causes crowds in various public places is avoided and prohibited so as not to become a base for virus transmission. As a result, communication switches to new media through a set of digital technologies that are connected to the internet. Along with the advancement of the digital era in the 21st century, the role of new media as a means of communication is very urgent. This research is in the form of descriptive qualitative describing that the role of new media in the pandemic era is able to create effectiveness in supporting the continuity of social-community life.
ANALISIS PENGARUH AKTOR PADA TAGAR #ROKETCHINA DI MEDIA SOSIAL TWITTER MENGGUNAKAN SOCIAL NETWORK ANALYSIS (SNA) Chryshella Jovanica; Denok Dwi Rahmintaningrum; Hanin Annisa Nuradni; Anisa Salsabila
Jurnal Ilmiah Komunikasi Makna Vol 10, No 1 (2022): Februari 2022
Publisher : Program Studi Ilmu Komunikasi FBIK Unissula

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30659/jikm.v10i1.15644

Abstract

The world was shocked by the news that the Chinese rocket had fallen back to earth. The news attracted the attention of the public from foreign countries to the people of Indonesia. With the presence of news on Chinese rockets, social media, one of which is Twitter, has the trending hashtag #roketchina which is widely discussed by Indonesians. This study aims to determine social networking in conversations on twitter using the hashtag #roketchina. In this study using a social network analysis research method by analyzing participant observation. The results of this study describe the communication network formed based on the hashtag #roketchina. In this network there are 12 actors and 40 ties or accounts interacting on the hashtag #roketchina. In addition, there are two types of relationships on social media twitter using the hashtag #roketchina (two modes), because communication networks are not only monitored by individuals but also official institutions or agencies. In addition, there is a Y-shaped communication network pattern, where the perpetrators have the initiative to give or even receive information about the hashtag #roketchina.
Islamic Book Publishing in Indonesia in the Cultural Industry Perspective Mubarok Mubarok; Urip Mulyadi
Jurnal Ilmiah Komunikasi Makna Vol 10, No 1 (2022): Februari 2022
Publisher : Program Studi Ilmu Komunikasi FBIK Unissula

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30659/jikm.v10i1.21567

Abstract

AbstrakBuku merupakan jendela ilmu pengetahuan yang di dalamnya terkandung representasi beragam ideologi. Buku dengan konten Islami menjadi salah satu jenis buku yang mendominasi ruang baca di Indonesia. Buku berkonten Islami menjadi jembatan untuk mengkomunikasikan beragam ideologi, aliran, purifikasi agama, sosial, politik, ekonomi dalam pandangan Islam. Buku-buku tersebut membawa pengaruh yang signifikan dalam kehidupan masyarakat. Penelitian ini akan menguraikan perkembangan penerbitan buku Islami dimulai dari era 70 an, 80 an, dan masa reformasi sampai sekarang. Data diperoleh dari studi dokumen dalam bentuk artikel, buku, dan pemberitaan di media massa. Hal lain yang menarik adalah munculnya kekuatan aktor, fenomena buku terjemahan gratis yang disponsori beberapa negara dan kaitan antara industri buku yang berafiliasi dengan ideologi keagamaan tertentu. Menggunakan kerangka kritik industri budaya dari Theodore Adorno, data penelitian ditelaah dan dibahas. Kritik Adorno tentang industri budaya dalam industri penerbitan buku Islami di Indonesia mendapatkan kesesuainya. Meskipun demikian dalam tekanan industri budaya masih muncul karya-karya bermutu yang menjadi pembatal dari asumsi-asumsi kritik Adorno.Kata kunci : komunikasi, Islam, buku, konten, industri budaya  AbstractBooks are windows of knowledge in which there are representations of various ideologies. Books with Islamic content are one of the types of books that dominate reading rooms in Indonesia. Books with Islamic content become a bridge to communicate various ideologies, sects, religious purification, social, political, economic views of Islam. These books have had a significant impact on people's lives. This research will describe the development of Islamic book publishing starting from the era of the 70s, 80s, and the reformation period until now. Data were obtained from document studies in the form of articles, books, and reports in the mass media. Another interesting thing is the emergence of the power of actors, the phenomenon of free translation books sponsored by several countries and the link between the book industry which is affiliated with certain religious ideologies. Using Theodore Adorno's cultural industry critique framework, research data are analyzed and discussed. Adorno's critique of the cultural industry in the Islamic book publishing industry in Indonesia finds it appropriate. However, under pressure from the culture industry, quality works still emerge which invalidate Adorno's critical assumptions.Keywords: communication, Islam, books, content, culture industry 

Page 1 of 1 | Total Record : 5